~-----------~ Welcome To My World ~-----------~

~-----------~ Welcome To My World ~-----------~

Tuesday, December 6, 2016

Penjelasan Tentang Time Travel (Menjelajah Waktu)

Waktu selalu berjalan maju, tetapi pernahkah anda berpikir ingin melakukan sesuatu yang pernah dilakukan sekali lagi misalnya dengan saudara,/teman/keluarga tetapi mereka sudah lebih dulu meninggalkan kita. Jika kita dapat melakukan Perjalanan Waktu dan kembali pada masa itu tentu dapat dilakukan.



Time Travel apa itu ? Bisa diartikan sebagai konsep bergerak diantara satu titik(tempat)ke yang lain yang berbeda ruang dan waktu, dengan suatu alat yang bisa dinamakan dengan mesin waktu, sehingga kita bisa mengirim objek/informasi mundur dalam beberapa saat atau maju ke masa depan tanpa perlu mengalami periode intervening.


Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Irina Arefieva dan Igor Volovich,"Dalam relativitas umum, waktu digambarkan dalam kurva ruang-waktu berawal dari masa lalu ke masa depan. Tetapi adakala-nya kurva tersebut akan berpotongan, seperti kurva tertutup, yang diinterpretasikan sebagai sebuah mesin waktu - sekaligus memunculkan kemungkinan perjalanan waktu (Time Travel).



Mungkinkah kita dapat melakukan Time Travel ?


Sir Issac Newton mengatakan tidak, karena waktu bagi Isaac Newton adalah bagaikan anak panah yang ditembakkan. Ia melaju searah dan tetap. Jam berdetak sama cepatnya dimanapun di jagat raya ini.



Tetapi..

“For every action, there must be an equal reaction.” Ungkapan ini terkenal daritheory gravitasi~

Bisa kita coba terapkan teorinya kepada kemungkinan time travel.

Jadi jika waktu bergerak maju kearah depan (action), waktu juga bisa kembali ke belakang (“reaksi yang sama/equal reaction“)? Karena sejauh yang saya telah teliti, tidak ada pengecualian dinyatakan oleh Sir Isaac Newton mengenai “setiap tindakan” nya dalam kalimat itu (kata every actionnya). Ini bisa berarti waktu,itu bisa berarti segalanya, bahkan bisa berarti diri kita sendiri.


—————————————————————————————————————————————————————–


Menurut Albert Einstein, waktu itu bagaikan aliran air di sungai. Ia bisa dipercepat, diperlambat, dan kadang ia bermuara di suatu tempat, kadang sungainya malah bercabang dua. Fisika Einstein yang terkesan gila ini ternyata memungkinkan terjadinya time travel.

Maksudnya dipercepat/diperlambat. : Teori Einstein : Waktu selalu berjalan dalam kecepatan yang konstan. semakin kita mendekati kecepatan cahaya, semakin lambat waktunya relatif dibandingkan kondisi orang yang tidak bergerak.
—————————————————————————————————————————————————————–


Contoh kasus : Ada 2 orang kembar bernama Eyne dan Stine. Keduanya kita anggap berumur 10 tahun. Eyne memutuskan dia sudah bosan di bumi dan perlu liburan. Dia mendengar bahwa ada hal yang menarik di sistem bintang Alpha3, yang berjarak 25 tahun cahaya. Stine yang harus mengikuti ujian matematika minggu depan, harus tinggal di rumah untuk belajar. Jadi Eyne berangkat sendiri. Ingin sampai secepatnya di sana, dia memutuskan untuk berjalan dengan kecepatan 99,99% kecepatan cahaya. Perjalanan ke sistem bintang itu bolak balik membutuhkan waktu 50 tahun. Apa yang terjadi ketika Eyne kembali? Stine sudah 60 tahun, tapi Eyen masih berumur 10 ½ tahun. Bagaimana mungkin? Eyne sudah pergi selama 50 tahun tapi hanya bertambah umur ½ tahun!

: Ide einstein memang hanya teori, dan belum bisa dibuktikan karena belum ada tekhnologi yang mendekati kecepatan cahaya

—————————————————————————————————————————————————————–


Lalu Stephen Hawking mengeluarkan satu pernyataan sangat terkenal, yang bertujuan untuk membungkam orang yang terobsesi dengan membuat mesin waktu. Dia bilang begini :

“Kalau mesin waktu itu ada, dan time travel itu bisa diciptakan, mengapa kita belum menjumpai turis yang datang dari masa depan? Seharusnya turis2 sekarang sudah membanjiri zaman ini, datang dari masa depan untuk mengambil foto dsb. Mengapa belum ada seorang pun?” .

Tapi

Teori diatas juga masih bisa dibantah. Bagaimana kalau seandainya mesin waktu tidak bisa kembali ke masa dimana, mesin waktu itu sendiri belum diciptakan. Taruhlah misalnya mesin waktu diciptakan pada tahun 2012 nanti. Maka pada tahun 2050 saat kita menggunakan mesin waktu kita tidak bisa kembali ke tahun 2011 karena pada tahun tersebut mesin waktu belum diciptakan. Otomatis kita tidak akan menemukan turis masa depan dijaman yang belum diciptakannya mesin waktu

—————————————————————————————————————————————————————–


Time travel kemungkinan dapat dilakukan jika kita masuk Lubang Hitam/Blackhole dengan menggunakan Kecepatan Cahaya/Lightspeed dan menembus Penghalang Ruang dan Waktu/ Spacetime Barrier


Tetapi itu masih hanya sebatas teori saja dan belum ditemukan tentang kebenarannya atau juga menggunakan Mesin waktu.




Hal Yang Mungkin terjadi jika kita melakukan Time Travel adalah Garis waktu/Timeline menjadi kacau. 


Penjelasan nya begini :
  
  Misalnya anda hidup dengan orang tua angkat karena ketika kecil orang tua anda dibunuh oleh seseorang.Kemudian anda melakukan Time Travel kemasa orang tua kandung anda saat ingin terjadi pembunuhan kemudian anda memperingati orang tua anda apa yang akan terjadi atau bahkan membatalkan kematiannya. Setelah orang tua kandung hidup pada masa itu kemudian anda kembali lagi kemasa depan dan lalu anda bertemu dengan orang tua angkat dan dia tidak pernah mengenal anda karena Garis Waktu/Timeline telah berubah. atau juga teman-teman anda yang tidak pernah mengenal anda tetapi anda Mengenal mereka karena anda saling mengenal satu-sama lain di Garis waktu yang Berbeda.

Terdapat pula Paradox. apa itu paradox ?
  Paradox adalah sebuah situasi dimana manusia menolak kejadian yang ditentukan takdirnya, dan akan menciptakan sebuah kontradiksi atau konflik yang berkepanjangan dan tidak bisa dihentikan lagi.contoh paradox waktu :


1. Grandfather Paradox

Ini paradoks yang paling terkenal. Begini maksudnya : Misalkan kamu kembali ke masa lalu dan membunuh kakekmu, maka ayah mu tidak pernah dilahirkan dan akibatnya kamu tidak pernah ada. Kalau kamu tidak pernah ada, bagaimana kamu bisa kembali ke masa lalu dan melakukan pembunuhan itu?

2. Information paradox

Misalnya kamu kembali menemui dirimu sendiri dimasa lalu dan memberikan rahasia membuat mesin waktu kepada dirimu yang lebih muda. Dirimu yang lebih muda itu kemudian menggunakan rahasia itu untuk membangun mesin waktu dan kemudian menggunakan mesin waktu itu untuk kembali mengunjungi dirimu dan memberikan rahasia mesin waktu itu. Ini paradoks karena dari mana informasi asli (rahasia mesin waktu itu) berasal?

3. Bilker’s Paradox

Misalnya, kamu menggunakan mesin waktu utk kemasa depan, & di masa depan kamu melihat dirimu menikah dengan seorang cewek yang namanya Jessie. Lalu kamu kembali ke masa sekarang dan malah menikahi cewek lain yang namanya Cindy, maka masa depanmu sudah berubah & pertanyaanya, kenapa dimasa depan yang pertama saya bisa nikah sama Jessie?

4. Sexual Paradox

Paradox ini lebih membingungkan lagi. Kamu kembali ke masa lalu & bertemu dengan ibumu ketika dia masih remaja. Kalian jatuh cinta & akhirnya menikah dan punya anak. Anak itukah dirimu? Mungkinkah kamu meng-ayah-i dirimu sendiri? Ini dapat dilihat di film Back To The Future, dimana Marty kembali ke masa lalu & bertemu ibunya yang kemudian jatuh cinta pada dirinya.


Untuk sekarang ini belum bisa dikatakan kita dapat melakukan Time Travel dan juga tidak dapat Melakukannya. tetapi seiringnya perkembangan teknologi dan juga pengetahuan pasti akan menemukan Jawaban yang pasti, jadi kita tunggu saja apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

Penjelasan tersebut saya Rangkum sedemikian rupa yang bersumber dari berbagai web lainnya.

0 comments:

Post a Comment