~-----------~ Welcome To My World ~-----------~

~-----------~ Welcome To My World ~-----------~

Wednesday, December 7, 2016

Planet di Luar Tata Surya yang Mungkin Bisa Dihuni


Bisakah manusia tinggal diluar Planet Bumi. mungkin itu masih menjadi pertanyaan yang belum bisa terjawab dari dulu hingga sekarang. menurut NASA, diluar sana masih terdapat Milyaran bahkan Triliunan planet yang masih belum diteliti karena terbatasnya Teknologi untuk menjangkau itu semua.
Berikut adalah Planet diluar Tata Surya kita yang mungkin bisa Dihuni Manusia.

1. Kepler-186f


Kepler-186f adalah exoplanet pertama seukuran bumi yang pernah ditemukan di zona layak huni bintang induknya. Dunia asing yang terletak 490 tahun cahaya dari bumi ini hanya 10 persen lebih besar dari planet kita sendiri dan hampir pasti berbatu.

2. Gliese 581g

Gliese 581g

Penemuan planet ini merupakan penemuan kontroversial. Gliese 581g ditemukan pada tahun 2010, tapi hal tersebut sulit dikonfirmasi. Namun, University of Puerto Rico di Arecibo menyebut Gliese 581g sebagai planet kandidat untuk kehidupan asing. Planet berbatu ini berjarak sekitar 20 tahun cahaya dari matahari. Ukurannya dua hingga tiga kali sebagai besar dari bumi. Ia mengorbit pada bintang induk, Gliese 581, setiap 30 hari di rasi Libra.

3.Kepler-22b



Planet ini ditemukan oleh NASA menggunakan teleskop luar angkasa pada Desember 2011. Kepler juga dipanggil Super Earth karena memiliki ukuran 2,4 lebih lebar dari Bumi.

Planet yang berada diluar tata surya ini dipastikan oleh para peneliti berada di zona layak huni. Apabila tanpa atmosfer, suhu di planet ini akan diperkirakan mencapai -11 (minus) derajat celsius. Namun jika di atmosfernya terjadi efek rumah kaca seperti Bumi, maka suhu rata-rata Kepler-22b akan tercatat sebesar 22 derajat celsius.

4.HD 85512b


Benda langit ini adalah Super Earth lainnya yang ditemukan pada jarak 35 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya mencapai 3,6 kali lebih besar dari planet Biru. Suhu permukaan di planet ini diperkirakan bisa mencapai temperatur 77 Fahrenheit atau 25 derajat Celsius.


5.Gliese 581d


Planet yang berjarak 20 tahun cahaya dari Bumi juga termasuk wilayah layak huni yang ditetapkan oleh peneliti. Memiliki ukuran tujuh kali lebih besar dari Bumi, membuat planet ini mirip dengan saudaranya Gliese 581g.

Ketika ditemukan pertama kali pada 2007, peneliti mengatakan planet ini terlalu dingin untuk dihuni. Namun belakangan peneliti mengatakan hal berbeda bahwa planet ini mungkin bisa mendukung kehidupan karena dihangatkann oleh efek rumah kaca.


Untuk saat ini belum dapat dipastikan Planet mana yang dapat Menopang Kehidupan dan Layak dihuni Manusia.



Tanpa disadari sekarang Bumi semakin Memanas disebabkan oleh Rusaknya Alam seperti Hutan Oleh sebab itu Mari kita Jaga dan Rawat Planet tercinta ini karena Bumi lah rumah bagi kita hidup di Alam Semesta Ini.

0 comments:

Post a Comment