~-----------~ Welcome To My World ~-----------~

~-----------~ Welcome To My World ~-----------~

Friday, December 2, 2016

SKILL UNTUK BISA KERJA DI GOOGLE

Google adalah salah satu perusahaan IT terbesar didunia, google memiliki banyak sekali project yang cukup terkenal bahkan digunakan untuk membantu kehidupan masyarakat dunia. Di Indonesia, kantor Google Indonesia adalah kantor yang paling menyenangkan untuk bekerja menurut sebuah survey karena lingkungannya disetting sedemikian rupa untuk membangkitkan kreativitas karyawannya. Sungguh jauh berbeda dengan perusahaan-perusahaan lainnya. perusahaan internet raksasa, Google dalam merekrut karyawan baru tidak lagi meminta IPK dan transkip nilai calon karyawan. Rekrutmen unik itu terjadi setelah pengalaman Google bertahun-tahun yang menyertakan transkip nilai dan IPK sebagai syarat melamar pekerjaan.
Banyak sekali orang ingin melamar untuk menjadi karyawan google, namun untuk bekerja di google tidaklah mudah, google memilik beberapa kriteria, dan biasanya mereka mencari yang kemampuannya diatas rata-rata. Google hanya mempekerjakan 4.000 orang dari 2,5 juta pelamar setiap tahun. Pencari pekerjaan yang terbaik adalah keinginan setiap orang, mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji yang besar tentu menjadi idaman ataupun impian sebagian besar manusia didunia ini.



5 POIN YANG DINILAI DALAM PROSES REKRUTMEN DI GOOGLE.

1. LEADERSHIP
Tentu disini yang dinilai bukan traditional leadership seperti apakah calon karyawan itu pimpinan klub catur, pimpinan sales dll. Google menilai leadership calon karyawannya adalah bagaimana sikap ketika menghadapi masalah, sebagai bagian dari team, maju untuk memimpin. Bahkan dinilai juga bagaimana efektivitas dari leadership, saat kritis, bagaimana cara melepas kekuasaan. Yang terpenting tujuan akhir bisa tercapai.
2. EXPERTISE
Expertise merupakan atribut yang sangat penting, keahlian. Seseorang yang memiliki kemampuan kognitif, rasa penasaran, kemauan belajar yang tinggi serta terampil dalam kepemimpinan, ada kalanya mereka memiliki ide baru yang sangat berharga dibandingkan dengan orang yang ahli dalam satu bidang saja, yang sudah melakukannya berulang-ulang dalam jangka waktu lama.
3. GENERAL COGNITIVE ABILITY
Bahasa sederhananya kemampuan kognitif umum. Bukan IQ. Tapi kemampuan belajar, menyerap sejumlah informasi yang berbeda-beda. Google melakukan assesment dengan structuredbehavioral interviews, ini sudah bahasan khusus orang-orang HR, terutama Psikologi.
4. OWNERSHIP
Perlunya rasa memiliki dan rasa tanggung jawab dalam bekerja memegang jabatan yang mempengaruhi baik secara langsung atau tidak langsung terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan.
5. HUMILITY
Kerendahan hati, dalam memecahkan masalah apapun, melangkah mundur dan merangkul ide yang lebih baik dari orang lain. Bahkan Bock menambahkan istilah intelectual huminity, yaitu kerendahan hati dalam menciptakan ruang bagi orang lain untuk berkontribusi. Bock menegaskan banyak lulusan perguruan tinggi yang memiliki ego tinggi dan tidak memiliki atribut ini. Apabila hasilnya menunjukkan sesuatu yang baik, berhasil, maka mereka mengatakan karena mereka genius. Tapi kalau mengalami kegagalan, mereka dengan mudah beralasan karena kondisi market begini, begitu dan lain sebagainya. Bock menggunakan pendekatan rekrutmen dengan landasan bahwa talent bisa hadir dalam berbagai tipe dan bisa dibentuk dengan banyak cara non-tradisional seperti sekarang ini. Para praktisi rekrutmen harus lebih melihat semua orang, termasuk orang-orang yang tidak pergi ke sekolah/kampus, namun bisa tetap berhasil di dunia ini, mereka adalah orang-orang luar biasa. Sudah terbukti, 2 perusahaan raksasa yang mengubah dunia, Microsoft dan Apple, dirintis oleh orang-orang yang D.O dari kampusnya.

APA SAJA SKILL YANG HARUS DI MILIKI UNTUK BISA BEKERJA DI GOOGLE?

1. TAHU TENTANG BAHASA PEMROGRAMAN
Sebagai nilai tambah jika memang menguasai lebih dari 1 bahasa pemrograman. Ada banyak sekali bahasa pemrograman saat ini. Tidak perlu untuk tahu semua itu, karena memang pada dasarnya bahasa pemrograman tersebut memiliki fungsi yang sama, hanya saja pengerjaan yang berbeda. Tapi, pada Google biasanya lebih berorientasi pada bahasa pemrograman web seperti Javascript, PHP, Mysql, Visual Basic, CSS dan lain bahasa web lainnya. Semakin banyak bahasa pemrograman yang dikuasai maka semakin besar pula kesempatan untuk diterima sebagai karyawan Google.
2. SKILL DALAM MEMBUAT PROGAM (PROGRAMMING)
Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang banyak berhubungan dengan sistem komputerisasi tentunya. Untuk itu, setiap orang yang ingin bekerja pada kantor Google ini, maka harus bisa menguasai minimal 1 bahasa pemrograman, yang berhubungan dengan web seperti C++, Java, dan juga Phyton. Silahkan pilih salah satunya saja, tapi sebaiknya harus dalami bahasa pemrograman tersebut, sehingga tidak ada celah yang tidak Anda ketahui pada bahasa pemrograman itu.
3. MENGETAHUI TENTANG KECERDASAN BUATAN / AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Bagi yang suka menonton film-film fiksi yang berkaitan dengan dunia robot, maka kata kecerdasan buatan atau AI ini pasti sudah sering didengarkan. Google bukan hanya sebagai perusahaan industry web saja, akan tetapi di dalam Google ini ada banyak sekali project yang berkaitan dengan perkembangan dunia teknologi. Salah satu hal yang sampai saat ini dikerjakan oleh Google adalah robot dengan kemampuan AI tersebut. Apakah  sudah bisa membuat robot? Bedakan kata membuat dengan melakukan perakitan robot ya.
4. SKILL PARALLEL PROGRAMMING
Kata parallel ini pasti mungkin sudah mengerti. Tapi kata parallel programming ini memang masih sangat awam, bahkan untuk telinga orang IT sekalipun. Istilah Parallel Programming ini merupakan skill unik membuat program untuk menjalankan beberapa perintah atau komputasi pada sebuah komputer dalam waktu bersamaan. Yang intinya, memiliki sebuah skill untuk membuat sebuah program menjalankan perhitungan atau algoritma pada sebuah komputer secara bersamaan. Ini tentunya akan membuat sistem kerja menjadi lebih cepat. Contoh analoginya simpel saja, yaitu memiliki satu peluru dan harus menembak 2 sasaran dengan satu peluru tersebut.
5. MELAKUKAN TEST PADA PROGRAM
Mengetest sebuah program ini sebenarnya sama halnya dengan melakukan hack pada program tersebut. Tingkat kesulitan dari test program ini sama halnya dengan membuat sebuah program juga. Jadi, Google akan membuat sebuah program, lalu tugasnya adalah untuk menguji coba program tersebut dengan mencari kekurangan atau celah keamanannya (Bug). Jika, telah menemukan celah atau bug tersebut, harus bisa memperbaikinya sendiri.
6. CRYPTOGRAPHY (ENKRIPSI DAN DEKRIPSI)
Jika membaca sejarah awal mula penemuan komputer digital oleh Alan Turing, maka fungsi dari Cryptography/kriptografi ini memang hal pertama yang digunakan pada komputer. Kriptografi sebenarnya adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang keamanan sebuah pesan atau data. Biasanya yang lebih menguasai ini adalah programmer yang bekerja dalam bidang keamanan dunia cyber. Tapi, jika memang menguasai ilmu tersebut dan kemudian mampu mengintegrasikannya pada sebuah program, maka ini tentunya menjadi nilai tambah buat yang mendaftar sebagai karyawan Google.
7. MATEMATIKA
Pelajaran yang satu ini merupakan pelajaran yang hampir semua orang di dunia membencinya sewaktu masih duduk di bangku sekolah dulu. Tapi, untuk menjadi karyawan Google harus tahu tentang pelajaran yang selalu memberi nilai merah di kelas ini. Skill matematika yang dibutuhkan pada Google yaitu matematika Abstrak dan juga matematika diskrit. Dua jenis matematika tersebut tentunya berhubungan dengan logika, serta rumus-rumus. Tapi, memang komputer ini dibuat berdasarkan perhitungan matematika. Bahkan kata komputer yang asalnya dari “compute” ini memang mengandung makna mesin hitung. Jadi, matematika dan komputer itu tidak bisa dipisahkan.
8. MENGETAHUI ALGORITMA & STRUKTUR DATA
Algoritma dan juga struktur data ini merupakan logika dasar dalam membuat sebuah program. Untuk itu harus menguasai 2 hal ini jika memang ingin diterima bekerja di kantor Google. Algoritma akan membantu dalam menentukan jalan untuk membuat sebuah program. Sedangkan untuk struktur data, Google mengharapkan untuk  mengusai jenis-jenis data seperti stacks, queue, atau bags, yang biasa digunakan pada mesin pencarinya.
9. PENGETAHUAN TENTANG SISTEM OPERASI
Untuk yang satu ini merupakan pengetahuan dasar pada dunia komputer. Jika mengerti atau ahli dalam bidang komputer, maka sistem operasi tentunya sudah bukan lagi hambatan. Apalagi jika mampu membuat sistem operasi sendiri, tentu akan menjadi nilai tambah buat Google. Google telah membuat sistem operasi sendiri yang saat ini sudah banyak sekali digunakan yaitu Android. Untuk itu, pemahaman tentang sistem operasi ini penting  karena bekerja dengan komputer tentunya harus menggunakan sistem operasi.
10. BISA MEMBUAT COMPILER
Mungkin sudah bisa membuat program sendiri dengan lancar tanpa bantuan buku lagi. Akan tetapi, biasanya beberapa programmer tertahan pada compiler dari program yang dibuatnya tersebut. Compiler ini merupakan program juga, yang akan membantu para programmer untuk menterjemahkan kode yang dibuatnya, sehingga mesin atau komputer bisa lebih mengerti maksudnya. Jika, tahu dan memahami bagaimana cara membuat compiler tersebut, tentunya akan mendapatkan nilai plus lagi untuk menjadi karyawan di kantor Google.

0 comments:

Post a Comment